Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan dan Doa Niat Puasa Senin Kamis

Home / Blog / Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan dan Doa Niat Puasa Senin Kamis

Puasa mungkin sudah tak asing lagi kita dengar. Apalagi bagi kaum muslim yang setiap tahun harus menjalankan kewajiban berpuasa dibulan ramadhan selama 1 bulan lamanya. Puasa sendiri adalah salah satu kegiatan yang dilakukan bagi para umat islam yang sudah balig, dalam menjaga hawa nafsu, tidak makan dan minum sampai fajar. Tentu saja puasa ini merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu sekali oleh para kaum muslim yang ada diseluruh dunia, khususnya yang ada ditanah air. Sebab dengan datanganya bulan ramadhan ini mereka semuanya bisa semakin banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat dan juga meningktkan iman yang ada didalam diri. Sebab segala macam hal baik yang dilakukan pada saaT bulan puasa maka amal yang akan dijanjikan pun melebihi hari-hari biasanya. Jadi sudah tak heran kalau sering kita lihat bahwa bulan puasa banyak orang yang berbondong-bondong untuk melakukan kebaikan demi mendapatkan Ridho dari ilahi.

Namun puasa juga tentu bukanlah hanya sekedar menahan lapar dan haus, karena yang paling berat untuk dijalani oleh seorang yang sedang melakukan ibadah puasa adalah menahan hawa nafsu dan mengontrol emosi. Sebab 2 hal tersebut merupakan godaan terberat dari sekedar rasa lapar dan haus saja. Karena jika anda tidak bisa menahan hawa nafsu dan mengotrol emosi dengan baik, maka puasa yang anda jalani pun tak sempurna, yang anda dapatkan hanya menahan lapar dan haus saja.

Siapa sajakah yang diwajibkan untuk berpuasa?

Puasa ini tentu saja wajib bagi semua umat muslim yang kuat secara fisik dan jasmaninya, dan sudah akil balig, namun tak ada salahnya kalau sejak dini anak-anak sudah mulai diajarkan untuk belajar berpuasa, supaya mereka bisa lebih berempati kepada orang-orang yang ada disekitarnya yang kekurangan dan sering kelaparan. Anda sebagai orang tua pun bisa mengajarkan cara sahur, doa niat puasa, dan mengajarkan pula bagaimana doa niat buka puasa. Supaya si kecil sudah mendapatkan pondasi agama sejak kecil, sehingga akan menjadi bekal mereka saat dewasa kelak.

Karena bila anda tidak mengajarkan si kecil sejak dini untuk belajar berpuasa maka akan membuat anak anda kurang dalam pendidikan agamanya, tidak harus menunggu hingga matahari tengggelam, ajarkanlah saja berpuasa setengah hari, dan secara perlahan jika mereka sanggup, baru anda mengajarkan berpuasa hingga magrib menjelang.

Apa sajakah yang dilakukan pada saat bulan puasa?

Tentu saja banyak hal atau tradisi yang biasanya dilakukan saat bulan puasa tiba, selain bangun sahur lalu doa niat puasa, menunggu bedug mabhrib dan berbuka. Namuan biasanya para kaum muslim melakukan sholat tarawaih, tadarusan, melakukan buka bersama dengan orang-orang tersayang, membuat masakan khas bulan puasa, seperti kolak dan berbagi macam makanan khas yang biasanya sering disajikan pada bulan puasa tiba. Selain itu juga bersedekah pun lebih ditingkatkan lagi oleh banyak orang saat bulan puasa, tak jarang sering kita lihat kalau banyak komunitas yang melakukan buka bersama dengan para kaum dhuafa, melakukan sahur on the road, membagikan takjilan dijalan raya untuk para pengendara yang sedang melakukan ibadah puasa dan masih banyak lagi berbagai macam kegiatan positif yang sering dilakukan oleh mereka.

Bulan puasa juga waktunya untuk lebih memperdalam iman dan meninggalkan segala macam perbuatan maksiat. Karena bulan puasa ini merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh para kaum muslim yang ada diseluruh dunia, khususnya yang ada ditanah air. Rasa suka cita menyambut bulan pausa pun sudah mulai dilakukan ketika bualn ramadhan sudah didepan mata. Mulai dari membersihkan rumah, menyiapkan diri, saling bermaafan, berziarah dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang kerap dilakukan ketik sedang menjelanga bulan puasa tiba.

Dengan datangnya bulan ramadhan , tentu saja toleransi agama pun semakin ditingkatkan lagi, khususnya bagi mereka yang sedang tidak menjalankan ibadah puasa, untuk tidak makan minum ditempat umum, mengontrol emosi supaya lebih stabil dan masih banyak lagi berbagai macam toleransi lainnya yang sering kita lihat saat bulan ramadhan menjelang.

Apa yang harus dipersiapkan ketika bulan ramadhan tiba?

Bulan ramadhan atau puasa tinggal menghitung hari, persiapan apa sajakah yang harus anda lalkukan supaya ibadah puasa anda bisa berjalan dengan baik dan tak mengganggu aktivitas anda. Berikut kami akan memberikan beberapa tips mengenai persiapan diri menjelang bulan ramadhan .

Persiapkan diri
Hal ini tentu saja paling penting untuk anda lakukan. Jaga kesehatan dan jangan sampai anda sakit, sehingga nantinya malah anda tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan lancar. Tetapkan niat untuk bersungguh-sungguh menjalankan ibadah puasa dengan biak, dan lebih mendekatkan diri lagi dengan Tuhan

Saling memaafkan
Supaya ibadah puasa anda semakin berjalan dengan lancar, maka anda pun bisa saling memaafkan sebelum bulan ramadhan tiba, karena dengan saling memaafkan maka saat menjalanakn ibadah puasa anda meraih kemenangan pada saat hari raya , tentu kita merasa seperti seorang bayi yang baru lahir

Membersihkan rumah
Tak hanya membersihkan hati saja, namun untuk menyambut bulan suci tersebut tak ada salahnya kalau anda juga membersihkan rumah supaya terlihat rapih dan enak dilihat oleh mata.

Mempersiapkan perlengkapan ibadah

Hal yang terakhir ini sebaiknya jangan sampai anda lewatkan, perlengkapan ibadah seperti Al-Qur’an, Sarung (untuk ikhwan), Mukena (untuk akhwat), tasbih hingga sajadah. Untuk anda yang ingin menambah kekusyuan dan kenyaman ketika shalat pada bulan ramadhan, anda bisa mencoba sajadah bulu rasfur yang saat ini sedang booming sekali di media online. Sajadah bulu rasfur merupakan sajadah yang dilengkapi busa di dalamnya, dan dilapisi oleh bulu rasfur (bulu boneka) yang membuat sajadah sangat nyaman dan empuk ketika dipakai saat shalat. Berikut contoh sajadah bulu rasfur:

LOVE PINK MUDA (3)

MRAH HITAM KOMBINASI

KOMBINASI UNGU

DALMATIAN 2 (3)

RASFUR PINK

SNAIL COKELAT

sajadah bulu tersebut bisa menjadi pilihan tepat untuk ibadah anda saat bulan suci ramadhan, untuk pemesanan anda bisa menghubungi CS sajadahbulu.net di nomor 085720392666 atau BBM 54C1E568.

Apa sajakah doa yang harus dibaca pada saat bulan puasa?
Tentu saja berpuasa pun ada tata caranya, seperti kita disunahkan untuk melakukan sahur terlebih dahulu, dan tentu saja membaca doa niat puasa. Berikut kami akan memberikan anda doa tersebut jika anda lupa .

Doa Niat Puasa Ramadhan :

doa saat  sahur

“Nawaitu sauma ghadin an’adai fardi syahri ramadhana hadzihisanati lillahita’ala”
Artinya: “Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Taala”.

Anda pun tak hanya diwajibkan untuk membaca doa niat puasa saja, namun saat menjelanga berbuka juga anda harus membaca doa untuk berbuka puasa , berikut doanya akan kami berikan juga kepada anda.

Doa Buka Puasa :
doa buka puasa
“Allahummalakasumtu wabika aamantu wa’alarizqika afthortu birohmatikaya ar-hamarrahimin”
Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.

Dengan membaca doa niat puasa terlebih dahulu sebelum menjankan ibadah puasa , semoga puasa yang sedang anda jalankan semakin lancar dan diterima oleh Allah Swt, dan jangan lupa juga berdoa dulu sebelum berbuka puasa, supaya makanan yang anda makan saat berbuka lebih berkah dan nikmat lagi rasanya. Semua ulasan yang sudah kami berikan kepada anda ini semoga bisa bermanfaat, dan selamat menanti bulan puasa.

Doa Niat Puasa Senin Kamis:

doa  puasa  senin dan kemis

Comments(0)

Leave a Comment